. . . .

diam itu emas..
saya sudah berusaha..
tidak berkata apapun itu namanya..
saya sudah berusaha..
tidak bercerita apapun itu kisahnya..
saya sudah berusaha..
dengan keadaan saya yang saya buat aman menurut saya..

diam itu emas..
saya berusaha menjadi pendengar yang baik
saya berusaha berempati dengan semua kisah yang mereka ucapkan
saya berusaha berekspresi meskipun ternyata saya hanya menipu diri saya sendiri
saya berusaha..
berusaha untuk mereka nyaman dengan saya…

diam itu emas..
saya diam
meskipun banyak pertanyaan yang menghampiri saya
saya diam
meskipun rasanya saya ingin bercerita
saya diam
berharap tidak ada yang mengusik saya lagi

saya..
saya berusaha untuk anda, untuk kalian..
tolong lihat dari sisi saya..

saya…
saya berbohong demi anda, demi kalian..
tolong hargai kebohongan saya..

jadi mengapa sekarang saya yang terjebak??
padahal saya telah berusaha semampu saya untuk tetap di garis aman saya
berjarak sekian meter dari garis masalah anda..
kalaupun pada akhirnya ada barisan kata yang saya ungkapkan
apakah itu anda simpulkan menjadi puluhan bahkan ribuan kata yang menghakimi anda??
menyimpulkan bahwa rangkaian kata itu menjadi boomerang buat anda???

tolong…
anda lihat saya…
saya diam sodara..
saya diam..

saya harap sekarang anda bisa mengerti saya.
baiknya saya dengan masalah saya dan anda dengan masalah anda.

saya..
yang mungkin anda kira sebagai sebuah kaleng, sebuah rongsokan
yang mungkin anda berfikiran bahwa saya bisa saja menjadikan mulut saya bagai harimau bagi anda
baiknya anda fikirkan lagi

saya…
saya sodara..
hanya mencoba membuat kebohongan
untuk melindungi anda, melindungi orang-orang itu
saya sodara..
tolong anda pahami saya sebelum anda memberi angka di rapor penilaian anda

Leave a Reply

