beda DULU beda SEKARANG

sudah kembali ke Jakarta, yippi yeyeye hahaha..meskipun di Jakarta juga gag kemana-mana, belum pergi main sama teman-teman (abis masih pada sibuk kuliah, Kape, sidang, dll) tapi gw merasa fine-fine aja. Ngobrol bareng di malam hari solusi terjitu, disamping mengakrabkan sesama anggota keluarga hal ini juga bisa bertukar pengalaman dengan orang tua, bisa di bandingin juga lohhh heheh..

“harga beras sedang melambung dikarenakan, blablabla…”

headline berita di tivi malam itu membuka obrolan di ruang keluarga.

saya : orang terpaku sama makan nasi si yah, jadi ribet kalo beras mahal

bapak : lah trus mau makan apa?

mbah : iah, padahal udah makan singkong, ubi, ketela tapi kalo belum makan nasi yah berarti belum makan

mamah : sekarang beras berapa si? 6000 seliter yah?

dan perbincangan lain-lainnya. *skip, nanti kepanjangan makin keliatan obrolan anehnya hahaha

lalu mbah membandingkan zaman sekarang dengan zaman waktu si mbah masih kecil (bisa dibayangkan berapa puluh tahun yang lalu, hahhaa).

dulu mau makan serba ambil, semua nanem sendiri.. pagi-pagi si mbah makannya ketela warna hitam dengan kelapa parut, siangnya baru makan nasi dengan sayur asem (bahan2nya main ambil di sekitaran rumah) sama ikan asin *skalian buat bekel ke sawah. Malemnya baru deh makan ketela lagi pake gula jawa ditemani teh manis sambil ngeriung rame-rame di bale-bale. Konon katanya nenek sama kakeknya si mbah adalah guru ngaji jadi rumah mbah selalu ramai menjelang maghrib. Serunyaaa…

terus si mbah menyebutkan beberapa nama buah yang cukup dibilang unik.. *kata gw sih hahhaa

BUAH JAMBLANG

for more info : http://id.wikipedia.org/wiki/Jamblang

BUAH BISBUL

for more info : http://id.voi.co.id/fitur/voi-pesona-indonesia/784-buah-bisbul.html

hahaha.. dan jujur gw belum pernah liat langsung buah-buah itu. Apa udah punah atau emang adanya di daerah-daerah tertentu saja? hm..

Advertisements

6 thoughts on “beda DULU beda SEKARANG

  1. jamblang di depan rumahku masih ada tut…
    biasanya disebut juga dengan duwet atau juwet…
    nih bentar lagi musim berbuah, sekitar september-oktober lah
    rasanya sepet2 asem gitu lah, tapi ada yang manis juga…
    klo masih muda ijo, trus memerah dan klo dah tua warnanya ungu,
    kalo yang jenis duwet gentong, gedenya ada yang sejempol tangan orang normal. tapi yang jenis duwet kerikil cuma semelinjo agak kecil dikit…

    bisbul juga pernah lihat juga sih, tapi dah jarang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s