Tuntutlah Ilmu dimana saja

Seperti kata pepatah..
“tuntutlah ilmu sampai ke negeri China”
mantabs lah itu, tapi mau dikata apa gw baru bisa sampai ke Jalan Salemba ahahaha alias berkunjung ke Perpustakaan Nasional. Tempatnya dari luar keeren, asik klo buat foto2 dengan tema Jakarta :p . Sesampainya disana, gw bikin kartu perpus yang ternyata gratis terus langsung jadi dan bentuk kartunya kaya ATM. Awalnya gw mikir pasti lama nih bikin kartu perpusnya terus bayar dan hasilnya paling-paling kartu perpus dari karton keras gitu, yah gw mah keburu berfikiran negatif kalau berhubungan dengan pelayanan pemerintah untuk warga kaya KTP kita yang begitu. Tapi nyatanya ga loh, prosesnya cuma 5-10 menit dari mulai isi formulir, proses pembuatan, sama foto. Gini hasilnya.

Tapi ada si keribetan sendiri kalau baca disana. Kita boleh terdaftar atau tidak sebagai anggota, kalau kita hanya datang untuk membaca (sekali-sekali datang) maka kita akan dikasih kartu sementara buat pengunjung. Setelah itu kita mengisi buku tamu yang ada di dekat pintu masuk dan simpan tas kita di loker yang ada. Gw sama temen gw lalu ke lantai 2, ternyata sebelum kita ingin membaca buku yang kita cari, kita terlebih dulu mencari judulnya di katalog buku yang ada di komputer atau berkas-berkas yang tersusun sesuai abjad. Setelah judul buku sudah diketahui, kita mengisi note kecil dari petugas untuk mencatat data buku dan nomor panggilnya. Dan petugas akan memberi tahu dilantai dan blok mana buku yang kita inginkan berada. FYI,disana ada 5 lantai dan 4 blok (next gw akan tunjukin notenya kaya gimana).

Buku yang ingin gw liat alhamdulillah ada di lantai yang sama hanya saja beda blok. Sesampainya di lantai dan blok yang dimaksud, ternyata kita tidak bisa langsung menuju rak buku-buku dan bebas mencari buku tetapi kita berikan note itu dan petugas akan mencarikannya. Denahnya kurang lebih seperti ini.

Lumayan lama kami disana, sekitar 2-3 jam an. Kalau ga bener-bener diniatin, gw bakal nguap-nguap kaya temen gw hahaha. Sepi banget tempat bacanya, ga heran kalau bikin ngantuk. Tapi cocok banget kalau yang ingin serius. Abis kesana, kami ke Gramedia Matraman, ternyata disana dari tanggal 1-31 Juli 2010 ada bazar buku dengan range harga 3000-10.000 rupiah. Buku-buku lama sih, tapi lumayan kan. Karena gw dateng udah tgl 2 agustus jadinya ga dapet potongan harga, tapi lumayan juga potongannya kaya harga komik yang awalnya 12.000 jadi 5000. Akhirnya disana gw beli 1 komik, 1 buku Lupus, dan 1 novel sastra. Lalu gw kembali ke realita ke buku-buku dengan harga normal. Sudah lama sekali gw ga ke toko buku, ada banyak sebenarnya buku yang ingin gw beli tapi mengingat keuangan tidak bersahabat jadi gw hanya ngiler liat semua buku itu. Malang T_T

Sore sudah beranjak malam, kami memutuskan untuk pulang. Dasar bandel, udah tau ada jembatan penyebrangan tapi kami tetep nekat nyebrang jalan hahhaa ga gitu sih, kami nekat gara-gara temen gw takut ketinggian ^_^. Dan tak lama menjelang, kemacetan parah terjadi, suatu hal normal di Jakarta di jam-jam pulang kantor. Muka-muka orang di dalam angkot sudah capek, lemas, dan tidak bersemangat. Tapi gw suka malam ini, karena setelah gw berpisah dengan teman gw untuk naik angkot yang berbeda, di daerah Stasiun Jatinegara gw merasa seperti Augush Rush. Tau dong film ini.

Haha, gw hanya mencoba menikmati kemacetan dengan seolah-olah gw adalah Augush Rush yang sedang menikmati suara klakson motor, mobil, deru bajaj, suara kereta api, dan metromini sebagai rangkaian alunan lagu. Apalagi cahaya-cahaya lampu dari kendaraan, palang kereta, lampu jalandan sinar-sinar lampu dari warung-warung yang saling bersinar, membuat gw seakan-akan sedang berada di atas panggung pertunjukkan. Lebai sih, tapi dengan begini gw bisa sedikit mengurangi rasa suntuk dan kesel gw sama macet dan bisingnya Jakarta. Just try to enjoy the badly condition!

Cheers, ^o^
by Alunan suara dan cahaya Jakarta di malam hari.

Leave a Reply

