hasil setelah terhambat ngenet

hasil dari ngenet selama 3 hari yang lalu..

tugas yang dikasih dari seminggu yang lalu dan dikumpulkan besok.

Dita Martha Pratiwi

113070242

Tugas TA1

Makna Informatika

Informatika merupakan disiplin ilmu teknik komputer khususnya perangkat lunak dimana di dalamnya ada sinkronisasi antara logika dan sistematika serta mempelajari struktur, sifat dan interaksi untuk mengumpulkan data, menyimpan, dan mengelola data lalu ditampilkan dalam bentuk informasi yang dibantu oleh sebuah teknologi yang terotomatisasi seperti komputer. Bidang-bidang dalam informatika yaitu ilmu komputer, ilmu informasi, sistem informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Informatika juga tidak selalu dibatasi oleh system yang berbasis komputer saja, ada beberapa aspek informatika yang berada di luar basis komputer seperti bioinformatika, informatika medis, dan lain-lain.

5 tokoh yang berpengaruh terhadap Informatika dan kontribusinya, sebagai berikut

  • Thomas Knoll dan John Knoll

Mereka berkontribusi dalam bidang Grafika dan Citra dimana mereka membuat sebuah program untuk menampilkan gambar berwarna grayscale di monitor monokrom.  Pada awalnya program ini bernama “ImagePro” lalu diubah menjadi “PhotoShop” lalu setelah program tersebut siap dan ditunjukkan kepada Adobe.Inc , pihak mereka tertarik dan mulai membeli lisensi “PhotoShop”. Inilah kontribusi di bidang Informatika dimana programnya bisa dinikmati oleh berbagai macam kalangan, bukan hanya kalangan yang paham mengenai informatika saja.

  • Al-Khawarizmi (penemu konsep algoritma dan aljabar)

Algoritma sendiri adalah langkah-langkah logis untuk menyelesaikan permasalahan yang disusun secara logis dan sistematis dan biasanya digunakan untuk membuat flowchart dalam ilmu komputer/informatika. Bisa dikatakan bahwa penemuan konsep ini menjadi gerbang untuk mengembangkan ilmu komputer/informatika.

  • Bill Gates (chairman of Microsoft)

Sebagai pendiri perusahaan Microsoft tentunya Bill Gates berpengaruh dalam dunia informatika karena Microsoft membuat, mengembangkan, melisensi dan mendukung berbagai jenis produk software untuk peralatan komputer.

  • Ada Lovelace (programmer pertama)

Tokoh ini merupakan programmer pertama wanita yang berasal dari Inggris. Beliau menuliskan program komputer pertama untuk sebuah mesin ciptaan Babbage yaitu Analytical Engine, sebagai cikal bakal komputer saat ini. Beliau menerjemahkan memoar Luigi Menabrea, dan menambahkan catatan yang meliputi metide kalkulasi nomor-nomor Bernoulli pada mesin tersebut.

  • Timothy Berners-Lee (penemu World Wide Web)

Awalnya beliau mengajukan sebuah proyek yang berbasiskan konsep hypertext untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi diantara peneliti. Dia menggunakan ide yang mirip yang telah dia gunakan pada Enquire untuk menciptakan World Wide Web, di mana dia mendesain dan membangun browser yang pertama (bernama WorldWideWeb dan dikembangkan dalam NeXTSTEP) dan server web pertama yang bernama httpd.  Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas.


Buat bapak Cok, tugas anda teralihkan oleh kecanggihan dunia Informatika yang sedang digandrungi saat ini, yaitu Twitter, Facebook, Plurk, dan Blog. hehehe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s