pagi bersama Sepasang Mata

Seperti pagi-pagi biasanya aku menyusuri jalan beraspal yang compang-camping, tetapi ada yang berbeda di pagi ini dan terjadi di langkah ku yang pertama. Bukan di bawah naungan ka’bah seperti sebuah film layar lebar melainkan di bawah jembatan busway yang bobrok yang aku umpamakan seperti sehelai rambut terbelah 7. Di anak tangga pertama kaki ku melangkah seketika mata ku beradu dengan mata nya. Sepasang mata yang tidak dikenali identitas pemiliknya dan sepasang mata yang mentransferkan sesuatu hanya dalam sepersekian detik. Sepasang mata yang tak terdefinisi itu memancarkan sesuatu yang diwakili oleh sebuah kata “harapan”.

Entah, aku merasa mata itu memancarkan bulatnya tekad dan besarnya harapan, langkah itu mantab berjalan menyusuri jembatan yang terkadang bergoyang bukan karena gempa, memandang tajam ke beberapa gedung bertingkat yang menghiasi sekitar jembatan usang, dan masih terselip sebuah ketulusan dan kerendahan hati untuk sekedar berinteraksi kepada seorang nenek pengemis tua dan cucu kecilnya melalui uang kertas. Suatu kombinasi yang langka.

Beruntungnya aku. Ini seperti sebuah film dokumenter di pagi hari yang berhasil aku abadikan dengan kamera bola mata ku. Wahai mas, abang, aa, akang, uda, kakak, om atau aku panggil saja si pemilik sepasang mata, terima kasih kita bertemu di pagi itu dan menyadarkan banyak hal. Dan seperti sebuah film pada umumnya, di adegan terakhir kaki nya membelok ke kanan dan kewajiban kaki ku untuk mengantarkan ke arah jembatan yang lurus. Belum ada rasa puas, tepatnya masih penasaran maka mata ini masih berusaha menangkap si pemilik sepasang mata, terus menerus mencari sosok itu dan rasa itu harus diakhiri sesampai nya di anak tangga terakhir.

“Hei kamu pria dengan sepasang mata itu, cerita kita berakhir tak sampai 5 menit” kalimat yang seharusnya disampaikan malah ikut berakhir di selembar kertas ini. Habis sudah semuanya kecuali adegan yang terekam dan tersimpan di ruang memori tak terdefinisi.

Sekian dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s