KENAPA ANAKKU SUSAH BANGET SIH DISURUH SHOLAT ?

Nara Sumber : Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari
โ€Ž

Saya bergabung di berbagai forum diskusi parenting. Banyak sekali pelajaran yang bisa diambil didalamnya. Terutama dari diskusi harian para Orangtua yang suka galau menghadapi anaknya. Kasus ini salah satunya ๐Ÿ™‚ 

“Anak saya susah sekali disuruh sholat, habis wudhu gak bersegera sholat, main dulu, ini itu dulu gak ada habisnya.”

Termasuk saya pernah mengalami hal ini ๐Ÿ™‚

“Gimana caranya membiasakan ibadah sholat pada anak?, anak saya masih suka malas-malasan ketika sholat?
Saya yakin gak sendirian mengalami hal ini hehehe..
Sebelum memberikan solusi apa yang harus dilakukan?

Kita harus menjawab hal berikut :

1. Berapa Usia Anak Kita 

2. Berapa umur yang diperintahkan Rasululullah untuk anak mulai mengerjakan sholat? Mengagetkannya banyak ortu sudah ngotot ngajak anaknya sholat dari umur yang sangat dini, balita bahkan. 

“Perintahkan anak-anak kalian untuk melakukan shalat saat usia mereka tujuh tahun, dan pukullah mereka saat usia sepuluh tahun. Dan pisahkan tempat tidur mereka.” (Dishahihkan oleh Al-Albany dalam Irwa’u Ghalil, no. 247)

Mengajak  sholat sedini mungkin itu boleh-boleh saja, tapi yang gak boleh jadi memaksa dan mengharuskan anak yang belum usia wajibnya.โ€Ž Belum boleh dimarahi jika belum mengerjakan. 

Katakan pada anak : ” Bunda sangat senang, kakak belum berumur 7 tahun sudah sholat, luar biasa.Tapi kalo kakak sudah mulai umur 7 tahun, kakak sudah harus sholat 5 waktu.Rasulullah bilang, sholat dimulai dr umur 7 tahun, dan harus dipaksa jika tidak mengerjakan, bahkan dipukul.”

Karena judul sholatnya baru belajar, maka sholatnya harus berjamaah atau ditemani, sekalipun bunda sedang berhalangan.  Gak ada cerita bunda suruh anak sholat, bundanya malah asyik2 nonton tv atau repot didapur. Sholat sendiri bukanlah pilihan untuk anak. Hal ini juga mengacu pada keutamaan sholat berjamaah menurut rasulullah
Sholatlah diawal waktu, jangan terbiasa menunda2 sholat
TAULADAN dari Orangtua sangat penting, tanyakan dulu pada diri sendiri, buat yang anaknya laki-laki sudah sholat berjamaah di masjidkah? Buat yang anaknya perempuan sudahkah sholat di awal waktu ?. 

Dari sini anak melihat betapa pentingnya ibadah sholat bagi Orangtuanya, karena saat adzan memanggil, ayah dan ibunya segera meninggalkan pekerjaannya dan memenuhi panggilanNya.

Kita harus memastikan anak mendapat nilai2 agama/kebaikan setiap harinya.
KENALKAN anak pada TUHANNYA sebelum sampai pada perintah Ibadah wajibโ€Ž . Kabar Gembisa sebelum peringatan, Nikmat sebelum Adzab, Syurga sebelum Neraka.

BERKISAH, Kisah-kisah yang harus diselesaikan sebelum mencapai usia 7 tahun yaitu Kisah 25 Nabi, Asmaul Husna, Rasul dan para sahabatnya, kisah orang-orang sholeh dan binatang dalam Al-qur’an.  

Anak-anak akan melihat betapa bertaqwanya Orang-orang terdahulu kepada Tuhannya.

Dari Jundub bin Abdillah Al Bajali radhiallahu anhu berkata:
Dulu kami saat bersama Nabi shallallahu alaihi wasallam masih berusia remaja, kami belajar Iman sebelum kami belajar Al Quran. Ketika kami belajar Al Quran, maka bertambahlah iman kami.

Dan kalian hari ini belajar Al Quran sebelum Iman

(HR. Ibnu Majah dan Ath Thabrani dalam Muโ€™jam Kabir dan dishahihkan oleh Al Albani)..โ€Žโ€Ž

“Rayakan” moment ketika anak menginjak usia 7 tahun. 

Maksudnya disini adalah, bukan rayakan sesungguhnya. Tambahkan previllage buat anak ketika sudah menginjak usia ini, bertepatan dengan datangnya kewajiban akan sholat.

Jika 5 langkah diatas sudah dikerjakan tapi masih “mampir” setelah wudhu dan menunda. Maka tarik Nafas, senyum lalu hampiri anak, gandeng tangannya “kak yuk kita sholat” dengan lemah lembut. Jangan buat anak lari dari ibadahnya ๐Ÿ™‚

  Firman Allah Taโ€™ala:
ููŽุจูู…ูŽุง ุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ู…ู‘ูู†ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ู„ูู†ุชูŽ ู„ูŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ูƒูู†ุชูŽ ููŽุธู‘ู‹ุง ุบูŽู„ููŠุธูŽ ุงู„ู’ู‚ูŽู„ู’ุจู ู„ุงูŽู†ููŽุถู‘ููˆุง ู…ูู†ู’ ุญูŽูˆู’ู„ููƒูŽ

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. (QS. Ali Imron (3): 159)
Semoga bermanfaat 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s