Umur Manusia

Kamis kemarin diajakin ikut pengajian seusai sholat dzuhur di Masjid kantor. Ceramah singkat selama kurang lebih 30 menit membahas tentang umur manusia. Jadi, ustadzah menyampaikan bahwa manusia itu diberkahi oleh 2 jenis umur yaitu Umur Biologis & Umur Keberkahan.

Umur Biologis

  • Umur fisik manusia yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Tiap-tiap manusia sudah ada batas umur kehidupannya di dunia.

Umur Keberkahan

  • Umur yang Allah berikan tanpa batasan tapi panjang pendeknya tergantung manusia memanfaatkan umur biologisnya dalam kebaikan yang berkelanjutan.
  • Salah satu contoh yang menggambarkan umur keberkahan adalah silaturahmi.

Jadi benar silaturahmi itu memperpanjang umur tapi bukan umur biologis ya melainkan umur keberkahan. Karena saat kita bersilaturahmi baik dengan teman baru ataupun teman lama yang apalagi membawa pengaruh baik untuk kita maka akan selalu ada energi positif yang dapat kita serap sehingga energi positif tersebut juga dapat kita sebarkan.

Selalu bersyukur atas rejeki yang Allah berikan  dapat juga memperpanjang umur keberkahan. Rejeki itu bukan terbatas hanya uang ya, mata bisa mengedip, masih diberi kesehatan, teman-teman yang baik, orang tua yang sholeh, anak-anak yang sholeh dll itu juga termasuk rejeki.

Ada kisah nyata salah satu teman bu ustadzah. Sebelumnya sang istri tidak bekerja ataupun berkarir di luar rumah namun penghasilan dari 1 sumber sudah mencukupi kehidupan mereka bahkan mampu mengumrohkan mereka. Suatu ketika si istri bekerja dan berkarir tapi ternyata penghasilan dari 2 sumber tersebut justru membuat kehidupan mereka selalu kekurangan. Keberkahan yang dulu mereka punya ternyata bergeser karena sudah tidak ada lagi rasa syukur, nafsu keinginan yang tak terbendung, waktu dan senyum yang berkurang, serta ada rasa meninggi si istri karena merasa “saya bisa beli sendiri”, “saya ga butuh uang suami lagi”, “saya bisa begini..”, “saya bisa begitu..” ahhh…

Sehingga sebagai manusia kita haruslah memanfaatkan semaksimal mungkin umur biologis kita untuk memperpanjang umur keberkahan kita dengan banyak memberikan manfaat kepada orang lain dan selalu bersyukur setiap waktunya.

Ya Allah, lindungilah keluarga hamba. Berikan lah hamba sekeluarga rejeki yang halal, berkah, berlimpah serta menyelamatkan. Amin.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s